Subscribe:

Jumat, Desember 03, 2010

Jaga Kesehatan Mata Anda

Jaga Kesehatan Mata Anda

Mata merupakan satu organ yang paling pentng bagi kita. Maka, jagalah mata kita sebaik mungkin. Mata sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sekitar kita, untuk itu perlu disimak beberapa tips aman menjaga kesehatan mata kita.

1. Biasakan untuk memeriksa mata anda secara rutin. Ini lebih baik sebagai salah satu pencegahan agar mata kita selalu sehat. Jika anda mengunakan lensa kontak, selalu pastikan lensa kontak anda benar-benar bersih.

2. Konsumsi buah dan sayur dengan seimbang. Makanan yang kayavitamin A, E dan C sangat dianjurkan.  Wortel yang kaya akan beta karoten, ikan yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi juga brokoli bias dimasukkan ke dalam daftar makanan sehat anda.

3.  Jangan terlalu banyak merokok dan meminum minuman beralkohol karena dapat membuat mata anda terlihat lebih lelah. Merokok juga dapat mempengaruhi kesehatan peredaran darah di sekitar mata. Jika anda mempunyai penyakit diabetes, periksalah secara rutin, karena ini juga mempengaruhi mata anda. Jaga tekanan darah  dan kolesterol anda.

4. Lindungi juga mata anda dengan menggunakan kacamata hitam atau setidaknya 95% sinar UV bisa tersaring.  Gunakan juga kacamata pelindung jika anda bekerja dengan mesin-mesin berat. Saat olahraga juga sangat dianjurkan untuk menggunaan kacamata jika memungkinkan.

5. Pastikan tangan anda bersih sebelum menyenuh mata anda. Karena bias menyebabkan infeksi pada bagian mata anda. Hindari menggosok mata. Dianjurkan untuk memakai sapu tangan yang bersih agar mata anda lebih terjaga.

6. Gunakan pencahayaan yang cukup saat kita menonton TV, computer atau membaca. Pasang layar pelindung sebagai filter di TV atau monitor computer anda. Biasakan untuk beristirahat sejenak untuk relasasi mata anda.

7. Lakukan senam mata. Berkedip merupakan satu cara untuk meringankan stress, melumasi mata agar tetap basah. Cobalah menutup mata sebentar untuk mengurangi ketegangan mata anda, semakin sering dilakukan semakin baik. Usahakan untuk melihat sesuatu yang hijau untuk menjaga mata agar tetap sehat.

8. Cuci mata dengan air dingin juga bias mengurangi ketegangan mata anda. Jika perlu, gunakan tetes mata akan sangat membantu, namun lebih baik jika digunakan atas petunjuk dokter agar lebih maksimal.
Semoga tips di atas bias bermanfat.

2 comments:

Anonim mengatakan...

kalo mainan stereogram bahaya gak gan bagi mata?

Unknown mengatakan...

Yah intinya klu mau mengunakn mati yah hati-hatilah...klu dah capek mending istirahatin dulu matanya.. paling 3-5 menit dulu..... liat yg jau2... bis itu lanjut...

Posting Komentar

Infolinks In Text Ads